-->

REPOEBLIK TELO, INDUSTRI KREATIF MILIK UNGGUL ABINOWO

Repoeblik Telo - Nama saya Gustiansyah Alfanka, saya merupakan mahasiswa Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Angkatan 14. MEC merupakan Lembaga Diklat setara D1 dibawah naungan LAZNAS Yatim Mandiri. Kampus Kemandirian saya ini terletak di Jl. Jambangan No. 70 Surabaya.

Repoeblik Telo
Repoeblik Telo

Nah kali ini saya akan menceritakan beberapa hal tentang Repoeblik Telo, dimana beberapa waktu yang lalu kami Mahasiswa MEC, Mentor, beberapa dosen, dan para manajemen berkunjung kesana.

Repoeblik telo merupakan sebuah kerajaan yang didirikan oleh alumni Pertanian Universitas Brawijaya bernama Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA. Pak Unggul Abinowo mendirikan “Repoeblik Telo” sekitar 33 tahun yang lalu.

Repoeblik Telo merupakan perwujudan bisnis agribisnis terpadu dari hulu higga hilir. Maksudnya, mulai dari awal proses pembuatan termasuk ke dalamnya yaitu penanaman bahan pokok sangat diperhatikan oleh pihak Repoeblik Telo. Maka dari itu banyak masyarakat yang menyukai produksi dari Repoeblik Telo ini.

Repoeblik Telo merupakan Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT). Menjadi SPAT tentunya Repoeblik Telo memiliki visi dan misi untuk menjadi usaha yang bermanfaat bagi masyarakat.

Repoeblik Telo - Dengan visi dan misi serta tujuan dari usaha ini lah yang membuat “Repoeblik Telo” semakin maju hingga kini.Selain visi misi, usaha yang berada di Pasuruan Jawa Timur ini mempunyai tujuan yang menjadikan usaha ini terus berkembang sejak 30 tahun yang lalu.

Dengan penelitian yang telah beliau lakukan selama 5 tahun tentang makanan apa yang paling dicari oleh masyarakat dunia, dan beliau ternyata menemukan bahwa ubi jalar atau dalam bahasa Jawa disebut Telo merupakan makanan yang aling dicari oleh masyarakat dunia terutama di negara maju.

Repoeblik Telo - Karena kandungan gizi yang ada pada ubi jalar inilah yang membuat yakin Pak Unggul Abinowo untuk mengolah ubi jalar menjadi sebuah produk yang nantinya akan beliau pasarkan.

Berikut ini merupakan fakta tentang ubi jalar yang jarang diketahui oleh banyak orang.
1.       Ubi jalar merupakan sayuran peringkat pertama dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh.
2.       Kandungan vitamin A pada ubi jalar, lebih tinggi 3 kali lipat dari wortel.
3.       Ubi ini tidak mengandung lemak jenuh sehingga penikmatnya tidak akan terkena kolesterol.
4.       Ubi jalar juga memiliki kandungan kolagen yang baik untuk kulit.
5.       Ubi jalar juga kaya akan vitamin D.
6.       Kandungan mineral pada ubi jalar juga berbeda seperti zat besi, magnesium, kalsium, kalium dan mangan yang tinggi.
7.       Dapat melindungi tubuh kita dari serangan banyak penyakit.
8.       Kalori tinggi yang ada pada ubi jalar juga berasal dari karbohidrat kompleks.

Baiklah selanjutnya kita akan menyebut ubi jalar dengan sebutan telo.
Telo merupakan tumbuhan yang berbentuk umbi. Telo ini dimanfaatkan akarnya yang banyak mengandung karbohidrat. Di beberapa negarapun menjadikan telo ini sebagai makanan pokok negaranya.
 
Repoeblik Telo - Dan dengan harganya yang hanya 40 rupiah pada saat itu dengan kandungan gizi yang banyak Pak Unggul Abinowo mencoba mengembangkan telo menjadi beberapa produk.

Nah melalu penelitiannya Pak Unggul Abinowo akhirnya mendirikan Repoeblik telo. Ada kisah unik dari pemberian nama usaha ini. Jadi, Pak Unggul Abinowo pada saat kecil saat ditanya oleh siapa saja tentang cita-citanya, beliau selalu menjawab ingin menjadi Presiden. Maka dari itulah beliau menamakan usahanya dengan nama “Repoeblik Telo” sehingga beliau bisa menjadi presidennya.

Repoeblik Telo - Sampai saat ini Pak Unggul Abinowo berhasil membuat makanan berbahan dasar telo sebanyak 50 varian jenis makanan. Antara lain ialah bakpao telo, bakpia telo, ice cream telo, jus telo, keripik telo, brownies telo, dan lain sebagianya.

Repoeblik Telo - Sampai saat ini “Repoeblik Telo” memiliki beberapa divisi, salah satunya ialah divisi terminal agribisnis. Nah, pada divisi ini setiap pegawai fokus pada outlet tempat menjajakan produksi dari “Repoeblik Telo” tersebut.

Repoeblik Telo - Bahkan yang paling unik “Repoeblik Telo” berhasil memproduksi makanan kekinian berbahan telo yaitu “telobar”. Sampai saat ini “Repoeblik Telo” telah mendirikan beberapa jenis usaha seperti “waroeng daoen” yang terletak di Dsn. Parerlegi, RT.03/RW.06, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Kemudian ada juga “telomart” yang terletak di Jl. Raya Malang - Gempol No.62, Sumping Wetan, Turirejo, Lawang, Malang, Jawa Timur. Letaknya yang strategis karena dekat dengan jalur Surabaya-Malang, “Repoeblik Telo” sangat mudah dicari leh masyarakat.

Kedua usaha milik “Repoeblik Telo” ini memiliki perbedaan dalam pemasaran. Kalau “Waroeng Daoen” seperti cafe untuk acara pertemuan, dan “Telomart” seperti supermarket yang menyajikan beberapa jenis makanan berbahan telo. Selain itu telomart juga menerima produk hasil UMKM masyarakat.

Sampai saat ini “Repoeblik Telo” telah menghasilkan sebanyak 300.000 bakpao telo setiap bulannya. Ini merupakan produksi paling banyak diantara produksi yang lainnya. Diikuti dengan Bakpia Telo dengan 5.500 pcs setiap bulannya.

Repoeblik Telo - Untuk bahan berupa ubi jalar, “Repoeblik Telo” mendapatkan dari para petani. Sehingga banyak petani telo yang tidak takut untuk menanam telo. Karena sekarang sudah ada penampungnya. 

Uniknya, saat kami berkesempatan untuk mencicipi telo atau ubi jalar rasa yang dihadirkan pun agak sedikit manis berbeda dengan telo pada umumnya.

Untuk omset yang didapatkan oleh “Repoeblik Telo” saat ini berkisar 1,5 milyar perbulan. Dengan karyawan sekitar 200 karyawan. Denan penghasilan sebesar itu tidak heran kalau “Repoeblik Telo” cepat berkembang. 

Saat kunjungan ke “Repoeblik Telo”, kami dari Mandiri Entrepreneur Center Surabaya berkesempatan untuk mencicipi bakpao telo, bakpia telo, keripik telo, jus telo, dan bahkan kami berkesempatan untuk mencicipi telo yang rasanya berbeda dengan telo lainnya.

Repoeblik Telo - Saat kami mencicipi berbagai olahan telo dari “Repoeblik Telo” pun kami semua mengakui bahwa rasa dari olahannya yang enak dijamin akan membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan.

Selain menjual makanan dan jenis oleh-oleh, “Repoeblik Telo” juga menyediakan mesin-mesin untuk mengolah berbagai jenis makanan. Bahkan usaha satu ini telah berhasil mengirim mesin-mesin hingga mancanegara.

Saat kami berkunjung ke “Repoeblik Telo”, disana sudah dipersiapkan sebuah mesin yang akan dikirim ke Nusa Tenggara Timur.

Sampai saat ini juga “Repoeblik Telo” memiliki banyak mitra termasuk para petani yang menjadi pemasok bahan baku. Para mitra dari “Repoeblik Telo” juga mengadakan pendidikan dan pelatihan kepada para mitranya guna memaksimalkan kinerja para mitra, sehingga menghasilkan hasil yang berkualitas.

Repoeblik Telo - Menurut pemaparan narasumber produk yang dihasilkan oleh “Repoeblik Telo” tidak menggunakan banyak bahan kimia. Maka dari itu produk – produknya pun hanya bertahan maksimal satu bulan.

Berhubungan dengan hal itu, apabila produksi yang dihasilkan tidak laku terjual oleh pasaran biasanya “Repoeblik Telo” membagikan produksinya kepada karyawan – karyawannya. Akan tetapi, sebagai sebuah Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT) “Repoeblik Telo” mempunyai analisis pasar sehingga dapat meminimalisir terjadinya tidak lakunya produksi dalam pasar.

Begitulah keunikan yang dihadirkan oleh “Repoeblik Telo” dengan Presidennya Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA. Tidak heran kalau usaha satu ini sangat pesat berkembangnya di masyarakat. Dan hasil produksinya pun sangat digemari oleh masyarakat.









0 Response to "REPOEBLIK TELO, INDUSTRI KREATIF MILIK UNGGUL ABINOWO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel